Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu :
Pertama / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.1
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
- Indikator
o
Menyederhanakan pecahan
o
Mengurutkan pecahan
o
Menentukan bilanagan diantar dua pecahan
- Materi Essensial
Pecahan
o
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Memberikan pertanyaan
bentuk sederhana dari = . . . %
|
Mencatat indikator
Menjawab
|
5
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan langkah menyederhanakan suatu pecahan yaitu
dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilanagan yang sama sampai
tidak dapat dibagi lagi
o
Mencontohkan cara menyederhanakan contoh soal hlm. 2
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 4
o
Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan
di depan
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan
mengerjakan latihan latihan 1 dan latihan 2
|
50
|
3.
Penutup
o
– Menugaskan pekerjaan rumah mencongak
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi Pokok :
Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu :
Kedua / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerajakan soal
- Kompetensi Dasar
5.1
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
- Indikator
o
Menyederhanakan pecahan
o
Mengurutkan pecahan
o
Menentukan bilanagan diantar dua pecahan
- Materi Essensial
Pecahan
o
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Memeriksa pekerjaan rumah
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan langkah dalam mengurutkan pecahan baik dari
yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya
o
Menjelaskan cara mengerjakan contoh soal
o
Menugaskan untuk mengerjakan latihan 3, 4 dan 5
o
Menjelaskan cara menentukan bilangan di antara dua pecahan
o
Menygaskan mengerjakan latihan 6 dan 7 Hlm. 8
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan
mengerjakan latihan latihan 3 dan latihan 4 serta latihan 5
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh
menentukan bilanagan di antara dua pecahan
dan mengerjakan latihan latihan 6 dan latihan 7
|
50
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu :
Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.2
Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
- Indikator
o
Menentukan pecahan senilai
o
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal
- Materi Essensial
Pecahan
(Hlm. 2)
o
Mengubah pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai (Hlm.
9)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
4.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
5.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara menentukan pecahan senilai dengan
mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama
o
Menugaskan mengerjakan latihan 8.
o
Menjelaskan contoh dan menugaskan mengrjakan latihan 9
Hlm. 11, latihan 10 dan 11 Hlm. 12
o
Menjelaskan cara mengubah pecahan biasa menjadi desimal,
yaitu dengan mengubah menjadi pecahan senilai dengan penyebut 10, 100, atau
1000
o
Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm. 17
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal
dan mengerjakan latihan 9, 10 dan 11 latihan latihan 5 dan 6
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal
dan mengerjakan latihan 15
|
100
|
6.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan latihan 12 dan 13 Hlm. 13
o
Menugaskan mengerjakan latihan 16 dan 17 Hlm. 17
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung
Pecahan
Pertemuan / waktu :
Pertama / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.3
Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas
tertentu
- Indikator
o
Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas
tertentu dari soal cerita
o
Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan
suatu bilangan atau kuantitas tertentu
- Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o
Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas
tertentu (Hlm. 17)
o
Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
7.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
8.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah dari 15 ?
o
Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o
Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o
Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan
latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21
|
50
|
9.
Penutup
o
Memotivasi untuk mengerjakan soal
o
latihan 19 dan 20 Hlm. 18
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung
Pecahan
Pertemuan / waktu :
Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk
pecahan
- Indikator
o
Menjumlahkan dua pecahan biasa
o
Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o
Menjumlahkan dua pecahan campuran
- Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o
Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
10.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
11.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan menjumlahkan dua pecahan biasa dan menugaskan
latihan 1 s.d 3
o
Menugaskan mengerjakan harta karun Hlm. 24
o
Menjelaskan cara menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan
campuran dan menugaskan latihan 5 dan 6 Hlm. 26 dan 27
o
Menjelaskan dua pecahan campuran dan tiga pecahan.
o
Menugaskan mengerjakan latihan 8
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakn latihan 1 s.d 3
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 5 dan 6
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 8
|
100
|
12.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 23
o
Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 27
o
Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm. 30
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
)
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu :
Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk
pecahan
B.
Indikator
o
Menjumlahan pecahan satu desimal, pecahan dua desimal dengan
satu desimal, pecahan dua desimal
o
Menjumlahakan tiga pecahan desimal berturut-turut
o
Menjumlahakan pecahan biasa dengan pecahan desimal
o
Menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan desimal
C.
Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o
Menjumlahkan pecahan desimal
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah
|
Mencatat indikator
|
10
|
||
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara menjumlahkan ;
-
pecahan satudesimal
-
pecahan dua desimal dengan satu desimal
-
pecahan dua desimal
-
tiga pecahan desimal berturut-turut
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal
o
Menugaskan untuk menjawab mengerjakan :
-
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
||
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o
Mengerjakan PR
-
latihan 13 Hlm. 13
-
latihan 17 Hlm. 38
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu :
Kelima dan keenam / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk
pecahan
B.
Indikator
o
Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o
Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o
Mengurangi suatu pecahan dengan dua pecahan lain yang
berpenyebut tidak sama
o
Pengurangan pecahan desimal, tiga pecahan desimal
o
Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o
Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal dan persen
C.
Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o
Pengurangan pecahan
o
Penjumlahan dan pengurangan pecahan
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah
|
Mencatat indikator
|
10
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan contoh dan cara pengurangan :
-
pecahan dari bilanagan asli
-
pecahan berpenyebut tidak sama
-
pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak
sama
-
pecahan desimal dan tiga desimal
o
Menjelaskan contoh dan cara menjumlahkan dan mengurangkan
siatu pecahan
o
Menugaskan untuk menjawab menjawab latihan 19 s.d 31
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
o
Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
)
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu :
Ketujuh dan kedelapan / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk
pecahan
B.
Indikator
o
Mengalikan pecahan
o
Mengalikan bialanagan bulat dengan pecahan desimal
o
Mengalikan dua pecahan desimal, tiga pecahan desimal
C.
Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o
Perkalian pecahan
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
||
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan contoh dan cara perkalian pecahan untuk :
-
Mengalikan tiga pecahan berturut-turut
-
menalikan bilangan bulat dengan pecahan desimal
o
Menugaskan untuk menjawab menjawab
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
||
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o
Menugaskan pekerjaan rumah :
-
kreativitas Hlm.58
-
latihan 36 Hlm. 59
-
latihan 43 Hlm. 66
-
latihan 44, 45 Hlm. 67
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu :
Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk
pecahan
B.
Indikator
o
Mengenal kebalikan pecahan
o
Membagi bilangan asli dengan pecahan biasa
o
Membagi bilangan asli dengan pecahan campuran
o
Membagi pecahan biasa dengan pecahan biasa
|
o
Membagi suatu pecahan dengan dua pecahan lain secara
berurutan
o
Membagi pecahna desimal dengan bilangan bulat satu angka
atau pecahan desimal
o
Membagi pecahan desimal dengan dua bilangan lain secara
berurutan
|
C.
Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o
Pembagian pecahan
o
Pengerjaan Hitung Campuran Pecahan
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah
|
Mencatat indikator
|
10
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan contoh dan cara pembagian pecahan untuk :
-
Pecahan asli dengan pecahan biasa
-
Bilangan asli dengan pecahan campuran
-
Pecahan campuran dengan pecahan campuran
-
Pecahan desimal denagn dua bilangan lain secara berurutan
o
Menjelaskan pengerjaan hitung campuran pecahan
o
Menugaskan untuk mengerjakan latihan 46 s.d 58 dan latihan
penyaan Hlm 82
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan
mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk menjawab soal
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung
Pecahan
Pertemuan / waktu :
Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.5
Memecahkan masalah perbandingan dan skala
- Indikator
o
Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o
Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o
Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o
Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala
- Materi Essensial
Perbandingan dan Skala
o
Menggunakan Perbandingan
o
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
13.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
14.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara penggunaan perbandingan
o
Menugaskan mengerjakan:
-
latihan 1 dan 2 Hlm. 84
-
latihan 3 Hlm. 85
o
Menjelaskan perbandingan dalam satuan ukuran suhu dan
menugaskan latihan 4 Hlm. 87
Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°):
o
Menjelaskan jarak sebenarnya pada denah berskala
o
Menugaskan mengerjakan latihan 5 s.d 10
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan tugas latihan 1 s.d 3
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh
mengerjakan tugas dari guru
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan latihan 5 s.d 10
|
100
|
15.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 90
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu :
Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.5
Memecahkan masalah perbandingan dan skala
B.
Indikator
o
Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o
Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o
Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o
Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala
C.
Materi Essensial
Perbandingan dan Skala
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
4.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
|
Mencatat indikator
|
10
|
5.
Kegiatan Inti
o
Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 5 Hlm. 97
|
mengerjakan uji kompetensi bab 5
|
100
|
6.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
|
Mendengarkan motivasi
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok :
Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.6
Membuat denah letak benda
- Indikator
o
Menggambar letak benda secara sederhana
o
Menanggapi cara menggambar letak benda
- Materi Essensial
Membuat Denah Letak Suatu Benda
o
Menggambar letak benda di sekitar (Hlm. 100)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid
6B
o
penggaris
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
16.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
17.
Kegiatan Inti
o
Menggambarkan letak benda secara sederhana.
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 100
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang
diterangkan
mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
18.
Penutup
o
Menugaskan untuk menggambar letak benda di
rumah masing-masing
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok :
Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.7
Mengenal koordinat posisi sebuah benda
- Indikator
o
Menentukan posisi benda atau tempat
o
Mengenal letak benda dengan posisi tertentu
- Materi Essensial
Mengenal Koordinat Posisi Sebuah Benda
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid
6B
o
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
19.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
20.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan kordinat posisi sebuah benda
o
Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 101
sesuai gambar Hlm. 101
o
Menugaskan mengerjakan latihan 2. Hlm. 102
o
Menjelaskan contoh soal Hlm. 103 dan
menugaskan menjawab latihan 3 dan 4
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang
diterangkan
mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
21.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk tekun, dan teliti
dalam mengerjakan soal
o
Menugaskan untuk menjawab latihan 5 Hlm. 105
|
Mendengarkan motivasi dari guru
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
)
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu :
Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.8
Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
- Indikator
o
Menentukan letak titik pada system korrdinat
o
Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o
Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar
- Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat
Cartesius (Hlm. 106)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
22.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
15
|
23.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara menentukan letak tityik pada sistem
koordinat pada contoh soal hlm. 106
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm 107
o
Menjelaskan bangun datar pada bidang koordinat cartesius
o
Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm 109, dan latihan 4
Hlm 110
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan latihan 1
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan latihan 3
|
150
|
24.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan atihan 2 Hlm 108, latihan 5 Hlm 111
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
15
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu :
keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
6.3
Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
B.
Indikator
o
Menentukan letak titik pada system korrdinat
o
Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o
Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar
C.
Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat
Cartesius (Hlm. 106)
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah
|
Mencatat indikator
Mengumpulkan pekerjaan rumah
|
10
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menugaskan untuk mengumpulkan pekerjaan rumah
o
Menugaskan untuk mengerjakan Uji kompetensi Bab 6 Hlm. 112
|
Mengumpulkan pekerjaan rumah
Mengerjakan uji kompetensi
|
100
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal
|
Mendengarkan motivasi dari guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
(
)
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu :
Pertama / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
7.1
Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
- Indikator
o
Mengurutkan data dari yang terkecil sampai terbesar
o
Mengurutkan data dari yang terbesar sampai terkecil
- Materi Essensial
Mengurutkan Data
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
25.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Memberikan pertanyaan mengurutkan angka dari yang terkecil
dari untuk 1, 5, 4, 9, 2, 15, 7
|
Mencatat indikator
Menjawab 1, 2 , 4, 5, 7, 9, 15
|
5
|
26.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan materi berkenaan dengan mengurutkan angka
o
Mengerjakan latihan Latihan 1 Hlm. 115
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan latihan latihan 1
|
50
|
27.
Penutup
o
Mendengarkan motivasi agar lebih rajin mengerjakan soal
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu :
Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.4
Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang
dan lingkaran
- Indikator
o
Menyajikan data ke betuk tabel
o
Menyajikan data ke betuk diagram
- Materi Essensial
Menyajikan
Data
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
28.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
29.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara menyajikan data ke :
-
bentuk tabel
-
diagram gambar
-
diagram batang
-
diagram lingkaran
-
diagram garis
-
diagram batang daun
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 1, 2 dan 3 Hlm. 119
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan tugas dari guru
|
100
|
30.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 5 dan 6 Hlm. 119
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu :
Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.5
Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
- Indikator
o
Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data.
o
Menentukan nilai modus sekumpulan data.
o
Menentukan nilai median sekumpulan data.
- Materi Essensial
Menentukan Rata-Rata Hitung dan Modus Sekumpulan Data
o
Rata-Rata (Mean)
o
Modus
o
Median (Pengayaan)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
31.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
32.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan pengertian dari rata-rata, modus dan median
o
Membahas contoh yang berkaitan rata-rata, modus dan median
o
Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 122 dan Latihan
pengayaan Hlm. 123
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Memahami cara pengerjaan menjawab soal yang
diterangkan oleh guru
Mengerjakn latihan 1 dan latihan pengayaan
|
100
|
33.
Penutup
o
Memotivasi untuk mengerjakan soal
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu :
Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.9
Menafsirkan hasil pengolahan data
- Indikator
o
Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o
Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain
- Materi Essensial
Menafsirkan hasil Pengolaan Data
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
34.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
15
|
35.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara menafsirkan hasil pengolaan data untuk :
-
tabel
-
diagram batang
-
diagram garis
-
diagram lingkaran
o
Menugaskan untuk mengerjakan
-
latihan 1 no 1 s.d 3 Hlm. 128
-
latihan 1 no 6 s.d 8 Hlm. 128
-
latihan 1 no 11 s.d 13 Hlm. 128
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 1
|
150
|
36.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan :
-
latihan 1 no 4 dan 5 Hlm. 128
-
latihan 1 no 9 dan 10 Hlm. 128
-
latihan 1 no 14 dan 15 Hlm. 128
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
15
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu :
Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
7.4
Menafsirkan hasil pengolahan data
- Indikator
o
Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o
Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain
- Materi Essensial
o
Uji kompetensi bab 7
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
7.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o
Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah
|
Mencatat indikator
|
10
|
8.
Kegiatan Inti
o
Menugaskan untuk menjawab Uji Kompetensi Bab 7 Hlm. 136
o
Latihan Soal Akhir Tahun Hlm. 143
|
mengerjakan ujin kompetensi dan latihan soal akhir
tahun
|
100
|
9.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Ruteng,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi
Pokok : Operasi Hitung
Pecahan
Pertemuan / waktu :
Pertama / 2 x 35 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
5.6
Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas
tertentu
- Indikator
o
Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas
tertentu dari soal cerita
o
Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan
suatu bilangan atau kuantitas tertentu
- Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o
Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas
tertentu (Hlm. 17)
o
Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)
- Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
- Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
37.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
38.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah dari 15 ?
o
Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o
Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o
Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan
latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21
|
50
|
39.
Penutup
o
Memotivasi untuk mengerjakan soal
o
latihan 19 dan 20 Hlm. 18
|
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(______________)
NIP : 130 602 788
|
Ruteng, 5 Januari 2009
Guru Mata Pelajaran Matematika
(_____________)
NIP: 130 513 934
|
No comments:
Post a Comment