Abstrak
Penelitian
tindakan ini dilaksanakan agar:<l) siswa
senang
dan termotivasi untuk memahami rumus geometri; <2>
siswa
lebih mudah dalam memahami rumus geometri; (3)
prest.asi
belajar siswe. tetang pemahaman dan penerapan
rumus
geometri khususnya luas daerah bangun datar segiem-
P8 t.
dan seg itiga men ingka t ; (4) pembe 10.,a;ra.n pemahaman
J:'umusgeometri
lebih efektif.
Penelitian ini
dilaksanakan di kelas V SD negeri
Terbantaman II Depok
Sleman Yogyakarta. Penelitian ini
ber
langsung sampai. 'tiga.siklus. yang masing-masing siklus
mencak.up
kegiatan perencanaan. pelaksanaan. monitoring/observasi
dan
refleksi. Data penelitian diperoleh dengan
instrumen
vang berupa tes hasil belajar. pedoman observasi
dan
ped0man wawancara. Data k1.lantita'tifdianalisis dengan
statistik
deskriptif. vaitu dengan mencari mean dan uji
beda.
sedangkan data kualitatif dianalisis dengan deskriptif
interpretatif.
Temuan
penelitian ini menunjukkan bahwa kerja sama
secara
kolaboratif antara guru SD dan peneliti khususnya
dalam
pembelajaran rumus luas daerah bangun datar segiempat
dan
segitiga dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan
rasa
senang dan motivasi siswa dalam mempelajari.
memahami
dan menerapkan rumus geometri. Siswa lebih mudah
dalam
memahami dan menerapkan rumus geometri khususnya
luas
daerah bangun datar segiempat dan segitiga dan pada
gilirannya
dapat meningkatkan prestasi siswa. Dengan kata
lin.
pemhela,iaran rumus geometri dengan pendekatan realistik
dapat
meningkatkan efektivitas pembelajara~.
No comments:
Post a Comment