Comments

3-comments

FOLLOW ME

LATEST

3-latest-65px

About

This just a demo text widget, you can use it to create an about text, for example.

Testimonials

3-tag:Testimonials-250px-testimonial

Ads block

Banner 728x90px

Section Background

Section Background

Your Name


Your Message*

SEARCH

Makalah Pendidikan Matematika RPP


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

  1. Indikator
o        Menyederhanakan pecahan
o        Mengurutkan pecahan
o        Menentukan bilanagan diantar dua pecahan

  1. Materi Essensial
Pecahan
o        Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan   bentuk sederhana dari  = . . . %



Mencatat indikator

Menjawab

5

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah menyederhanakan suatu pecahan yaitu dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilanagan yang sama sampai tidak dapat dibagi lagi

o        Mencontohkan cara menyederhanakan contoh soal hlm. 2
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 4

o        Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 1 dan latihan 2






50

3.       Penutup
o        – Menugaskan pekerjaan rumah mencongak





5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kedua / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

  1. Indikator
o        Menyederhanakan pecahan
o        Mengurutkan pecahan
o        Menentukan bilanagan diantar dua pecahan

  1. Materi Essensial
Pecahan
o        Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Memeriksa pekerjaan rumah
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator


5

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah dalam mengurutkan pecahan baik dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya

o        Menjelaskan cara mengerjakan contoh soal

o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 3, 4 dan 5

o        Menjelaskan cara menentukan bilangan di antara dua pecahan

o        Menygaskan mengerjakan latihan 6 dan 7 Hlm. 8




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 3 dan latihan 4 serta latihan 5

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh menentukan bilanagan di antara dua pecahan  dan mengerjakan latihan latihan 6 dan latihan 7


50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.2   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal

  1. Indikator
o        Menentukan pecahan senilai
o        Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal

  1. Materi Essensial
Pecahan (Hlm. 2)
o        Mengubah pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai (Hlm. 9)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
4.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
5.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menentukan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

o        Menugaskan mengerjakan latihan 8.

o        Menjelaskan contoh dan menugaskan mengrjakan latihan 9 Hlm. 11, latihan 10 dan 11 Hlm. 12

o        Menjelaskan cara mengubah pecahan biasa menjadi desimal, yaitu dengan mengubah menjadi pecahan senilai dengan penyebut 10, 100, atau 1000

o        Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm. 17



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal dan mengerjakan latihan 9, 10 dan 11 latihan latihan 5 dan 6



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal dan mengerjakan latihan 15





100
6.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 12 dan 13 Hlm. 13
o        Menugaskan mengerjakan latihan 16 dan 17 Hlm. 17


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.3   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Indikator
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu dari soal cerita
o        Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu (Hlm. 17)
o        Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
7.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
8.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah  dari 15 ?
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o        Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21



50

9.       Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 19 dan 20 Hlm. 18


Mengerjakan pekerjaan rumah


5



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

  1. Indikator
o        Menjumlahkan dua pecahan biasa
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o        Menjumlahkan dua pecahan campuran

  1. Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
10.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
11.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan menjumlahkan dua pecahan biasa dan menugaskan latihan 1 s.d 3
o        Menugaskan mengerjakan harta karun Hlm. 24

o        Menjelaskan cara menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran dan menugaskan latihan 5 dan 6 Hlm. 26 dan 27

o        Menjelaskan dua pecahan campuran dan tiga pecahan.

o        Menugaskan mengerjakan latihan 8 


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakn latihan 1 s.d 3

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 5 dan 6

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 8


100

12.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 23
o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 27
o        Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm. 30



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahan pecahan satu desimal, pecahan dua desimal dengan satu desimal, pecahan dua desimal
o        Menjumlahakan tiga pecahan desimal berturut-turut
o        Menjumlahakan pecahan biasa dengan pecahan desimal
o        Menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Menjumlahkan pecahan desimal

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menjumlahkan ;
-    pecahan satudesimal
-    pecahan dua desimal dengan satu desimal
-    pecahan dua desimal
-    tiga pecahan desimal berturut-turut
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal

o        Menugaskan untuk menjawab mengerjakan :
-    latihan 10 Hlm. 30
-    latihan 11 Hlm. 32
-    latihan 12 Hlm. 33
-     latihan 14 Hlm. 35
-     latihan 15 Hlm. 36
-     latihan 16 Hlm. 37
-   


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan





Mengerjakan tugas dari guru




100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o        Mengerjakan PR
-    latihan 13 Hlm. 13
-    latihan 17 Hlm. 38


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o        Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Mengurangi suatu pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak sama
o        Pengurangan pecahan desimal, tiga pecahan desimal
o        Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal dan persen

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Pengurangan pecahan
o        Penjumlahan dan pengurangan pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara pengurangan :
-    pecahan dari bilanagan asli
-    pecahan berpenyebut tidak sama
-    pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak sama
-    pecahan desimal dan tiga desimal
o        Menjelaskan contoh dan cara menjumlahkan dan mengurangkan siatu pecahan

o        Menugaskan untuk menjawab menjawab latihan 19 s.d 31



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan








Mengerjakan tugas dari guru

100

  1. Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketujuh dan kedelapan / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengalikan pecahan
o        Mengalikan bialanagan bulat dengan pecahan desimal
o        Mengalikan dua pecahan desimal, tiga pecahan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Perkalian pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara perkalian pecahan untuk :
-    Mengalikan tiga pecahan berturut-turut
-    menalikan bilangan bulat dengan pecahan desimal

o        Menugaskan untuk menjawab menjawab
-    latihan 32 Hlm. 54
-    latihan 33 Hlm. 56
-    latihan 35 Hlm. 57
-    latihan 37 Hlm. 60
-     latihan 38 Hlm. 59
-     latihan 39 Hlm. 60
-     latihan 40 Hlm. 59
-     latihan 41, 42 Hlm. 65
-      


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o        Menugaskan pekerjaan rumah :
-          kreativitas Hlm.58
-          latihan 36 Hlm. 59
-          latihan 43 Hlm. 66
-          latihan 44, 45 Hlm. 67





Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengenal kebalikan pecahan
o        Membagi bilangan asli dengan pecahan biasa
o        Membagi bilangan asli dengan pecahan campuran
o        Membagi pecahan biasa dengan pecahan biasa
o          Membagi suatu pecahan dengan dua pecahan lain secara berurutan
o          Membagi pecahna desimal dengan bilangan bulat satu angka atau pecahan desimal
o          Membagi pecahan desimal dengan dua bilangan lain secara berurutan

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Pembagian pecahan
o        Pengerjaan Hitung Campuran Pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara pembagian pecahan untuk :
-    Pecahan asli dengan pecahan biasa
-    Bilangan asli dengan pecahan campuran
-    Pecahan campuran dengan pecahan campuran
-    Pecahan desimal denagn dua bilangan lain secara berurutan

o        Menjelaskan pengerjaan hitung campuran pecahan
o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 46 s.d 58 dan latihan penyaan Hlm 82



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala

  1. Indikator
o        Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o        Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o        Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o        Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala

  1. Materi Essensial
Perbandingan dan Skala
o        Menggunakan Perbandingan
o        Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
13.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
14.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara penggunaan perbandingan
o        Menugaskan mengerjakan:
-        latihan 1 dan 2 Hlm. 84
-        latihan 3 Hlm. 85

o        Menjelaskan perbandingan dalam satuan ukuran suhu dan menugaskan latihan 4 Hlm. 87
Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°):

o        Menjelaskan jarak sebenarnya pada denah berskala
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 s.d 10


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas latihan 1 s.d 3


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh mengerjakan tugas dari guru



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan latihan 5 s.d 10


100

15.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 90



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o        Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o        Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o        Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala

C.      Materi Essensial
Perbandingan dan Skala

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
4.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o         

Mencatat indikator



10

5.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 5 Hlm. 97



mengerjakan uji kompetensi bab 5


100

6.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mendengarkan motivasi


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.6   Membuat denah letak benda

  1. Indikator
o        Menggambar letak benda secara sederhana
o        Menanggapi cara menggambar letak benda

  1. Materi Essensial
Membuat Denah Letak Suatu Benda
o        Menggambar letak benda di sekitar (Hlm. 100)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        penggaris

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
16.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10

17.   Kegiatan Inti
o        Menggambarkan letak benda secara sederhana.

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 100



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan tugas dari guru

100

18.   Penutup
o        Menugaskan untuk menggambar letak benda di rumah masing-masing



Mengerjakan pekerjaan rumah


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.7   Mengenal koordinat posisi sebuah benda

  1. Indikator
o        Menentukan posisi benda atau tempat
o        Mengenal letak benda dengan posisi tertentu

  1. Materi Essensial
Mengenal Koordinat Posisi Sebuah Benda

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

19.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

20.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan kordinat posisi sebuah benda

o        Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 101 sesuai gambar Hlm. 101

o        Menugaskan mengerjakan latihan 2. Hlm. 102

o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 103 dan menugaskan menjawab latihan 3 dan 4



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



mengerjakan tugas dari guru


100

21.   Penutup
o        Memberikan motivasi untuk tekun, dan teliti dalam mengerjakan soal
o        Menugaskan untuk menjawab latihan 5 Hlm. 105



Mendengarkan motivasi dari guru

Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.8   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius

  1. Indikator
o        Menentukan letak titik pada system korrdinat
o        Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o        Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar

  1. Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat Cartesius (Hlm. 106)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

22.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

23.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menentukan letak tityik pada sistem koordinat pada contoh soal hlm. 106

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm 107

o        Menjelaskan bangun datar pada bidang koordinat cartesius

o        Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm 109, dan latihan 4 Hlm 110




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan 1

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan 3



150

24.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan atihan 2 Hlm 108, latihan 5 Hlm 111




Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius

B.      Indikator
o        Menentukan letak titik pada system korrdinat
o        Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o        Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar

C.      Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat Cartesius (Hlm. 106)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekerjaan rumah

o        Menugaskan untuk mengerjakan Uji kompetensi Bab 6 Hlm. 112



Mengumpulkan pekerjaan rumah


Mengerjakan uji kompetensi



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi dari guru


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
7.1   Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

  1. Indikator
o        Mengurutkan data dari yang terkecil sampai terbesar
o        Mengurutkan data dari yang terbesar sampai terkecil

  1. Materi Essensial
Mengurutkan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

25.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan

o        Memberikan pertanyaan mengurutkan angka dari yang terkecil dari untuk 1, 5, 4, 9, 2, 15, 7



Mencatat indikator


Menjawab 1, 2 , 4, 5, 7, 9, 15

5

26.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan materi berkenaan dengan mengurutkan angka

o        Mengerjakan latihan Latihan 1 Hlm. 115



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan latihan 1



50

27.   Penutup
o        Mendengarkan motivasi agar lebih rajin mengerjakan soal




5



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran

  1. Indikator
o        Menyajikan data ke betuk tabel
o        Menyajikan data ke betuk diagram

  1. Materi Essensial
Menyajikan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

28.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

29.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menyajikan data ke :
-    bentuk tabel
-    diagram gambar
-    diagram batang
-    diagram lingkaran
-    diagram garis
-    diagram batang daun

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 1, 2 dan 3 Hlm. 119



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan






mengerjakan tugas dari guru

100

30.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 5 dan 6  Hlm. 119



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data

  1. Indikator
o        Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data.
o        Menentukan nilai modus sekumpulan data.
o        Menentukan nilai median sekumpulan data.

  1. Materi Essensial
Menentukan Rata-Rata Hitung dan Modus Sekumpulan Data
o        Rata-Rata (Mean)
o        Modus
o        Median (Pengayaan)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
31.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
32.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pengertian dari rata-rata, modus dan median
o        Membahas contoh yang berkaitan rata-rata, modus dan median


o        Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 122 dan Latihan pengayaan Hlm. 123


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Memahami cara pengerjaan menjawab soal yang diterangkan oleh guru

Mengerjakn latihan 1 dan latihan pengayaan


100

33.   Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi guru


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.9   Menafsirkan hasil pengolahan data

  1. Indikator
o        Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o        Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain

  1. Materi Essensial
Menafsirkan hasil Pengolaan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

34.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

35.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menafsirkan hasil pengolaan data untuk :
-    tabel
-    diagram batang
-    diagram garis
-    diagram lingkaran

o        Menugaskan untuk mengerjakan
-    latihan 1 no 1 s.d 3 Hlm. 128
-    latihan 1 no 6 s.d 8 Hlm. 128
-    latihan 1 no 11 s.d 13 Hlm. 128



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mengerjakan latihan 1


150

36.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan :
-    latihan 1 no 4 dan 5 Hlm. 128
-    latihan 1 no 9 dan 10 Hlm. 128
-    latihan 1 no 14 dan 15 Hlm. 128



Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
7.4   Menafsirkan hasil pengolahan data

  1. Indikator
o        Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o        Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain

  1. Materi Essensial
o        Uji kompetensi bab 7

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
7.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

8.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji Kompetensi Bab 7 Hlm. 136
o        Latihan Soal Akhir Tahun Hlm. 143



mengerjakan ujin kompetensi dan latihan soal akhir tahun



100

9.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.6   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Indikator
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu dari soal cerita
o        Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu (Hlm. 17)
o        Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
37.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
38.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah  dari 15 ?
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o        Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21



50

39.   Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 19 dan 20 Hlm. 18


Mengerjakan pekerjaan rumah


5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(______________)
NIP : 130 602 788

Ruteng, 5 Januari 2009        
Guru Mata Pelajaran Matematika



(_____________)
NIP: 130 513 934









No comments:

Post a Comment

Archive

Sections

Blog Archive

Latest video-course

1-tag:Videos-800px-video

Campus

4-tag:Campus-500px-mosaic
TUTORIAL BLOG

Buka Semua | Tutup Semua

Header Background

Header Background
Header Background Image. Ideal width 1600px with.

Logo

Logo
Logo Image. Ideal width 300px.

Section Background

Section Background
Background image. Ideal width 1600px with.

Section Background

Section Background
Background image. Ideal width 1600px with.

Courses

6-latest-350px-course

About Me

Followers

Popular

Silahkan anda cari artikel disini

Pages

Hello! We’re Fenix Creative Photo Studio

Silahkan anda cari makalah disini
3-tag:Courses-65px

Popular Posts

Makalah Pendidikan Matematika RPP


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

  1. Indikator
o        Menyederhanakan pecahan
o        Mengurutkan pecahan
o        Menentukan bilanagan diantar dua pecahan

  1. Materi Essensial
Pecahan
o        Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan   bentuk sederhana dari  = . . . %



Mencatat indikator

Menjawab

5

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah menyederhanakan suatu pecahan yaitu dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilanagan yang sama sampai tidak dapat dibagi lagi

o        Mencontohkan cara menyederhanakan contoh soal hlm. 2
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 4

o        Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 1 dan latihan 2






50

3.       Penutup
o        – Menugaskan pekerjaan rumah mencongak





5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kedua / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

  1. Indikator
o        Menyederhanakan pecahan
o        Mengurutkan pecahan
o        Menentukan bilanagan diantar dua pecahan

  1. Materi Essensial
Pecahan
o        Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Memeriksa pekerjaan rumah
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator


5

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah dalam mengurutkan pecahan baik dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya

o        Menjelaskan cara mengerjakan contoh soal

o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 3, 4 dan 5

o        Menjelaskan cara menentukan bilangan di antara dua pecahan

o        Menygaskan mengerjakan latihan 6 dan 7 Hlm. 8




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 3 dan latihan 4 serta latihan 5

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh menentukan bilanagan di antara dua pecahan  dan mengerjakan latihan latihan 6 dan latihan 7


50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.2   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal

  1. Indikator
o        Menentukan pecahan senilai
o        Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal

  1. Materi Essensial
Pecahan (Hlm. 2)
o        Mengubah pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai (Hlm. 9)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
4.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
5.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menentukan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

o        Menugaskan mengerjakan latihan 8.

o        Menjelaskan contoh dan menugaskan mengrjakan latihan 9 Hlm. 11, latihan 10 dan 11 Hlm. 12

o        Menjelaskan cara mengubah pecahan biasa menjadi desimal, yaitu dengan mengubah menjadi pecahan senilai dengan penyebut 10, 100, atau 1000

o        Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm. 17



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal dan mengerjakan latihan 9, 10 dan 11 latihan latihan 5 dan 6



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal dan mengerjakan latihan 15





100
6.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 12 dan 13 Hlm. 13
o        Menugaskan mengerjakan latihan 16 dan 17 Hlm. 17


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.3   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Indikator
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu dari soal cerita
o        Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu (Hlm. 17)
o        Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
7.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
8.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah  dari 15 ?
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o        Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21



50

9.       Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 19 dan 20 Hlm. 18


Mengerjakan pekerjaan rumah


5



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

  1. Indikator
o        Menjumlahkan dua pecahan biasa
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o        Menjumlahkan dua pecahan campuran

  1. Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
10.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
11.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan menjumlahkan dua pecahan biasa dan menugaskan latihan 1 s.d 3
o        Menugaskan mengerjakan harta karun Hlm. 24

o        Menjelaskan cara menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran dan menugaskan latihan 5 dan 6 Hlm. 26 dan 27

o        Menjelaskan dua pecahan campuran dan tiga pecahan.

o        Menugaskan mengerjakan latihan 8 


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakn latihan 1 s.d 3

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 5 dan 6

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 8


100

12.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 23
o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 27
o        Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm. 30



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahan pecahan satu desimal, pecahan dua desimal dengan satu desimal, pecahan dua desimal
o        Menjumlahakan tiga pecahan desimal berturut-turut
o        Menjumlahakan pecahan biasa dengan pecahan desimal
o        Menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Menjumlahkan pecahan desimal

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menjumlahkan ;
-    pecahan satudesimal
-    pecahan dua desimal dengan satu desimal
-    pecahan dua desimal
-    tiga pecahan desimal berturut-turut
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal

o        Menugaskan untuk menjawab mengerjakan :
-    latihan 10 Hlm. 30
-    latihan 11 Hlm. 32
-    latihan 12 Hlm. 33
-     latihan 14 Hlm. 35
-     latihan 15 Hlm. 36
-     latihan 16 Hlm. 37
-   


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan





Mengerjakan tugas dari guru




100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o        Mengerjakan PR
-    latihan 13 Hlm. 13
-    latihan 17 Hlm. 38


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o        Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Mengurangi suatu pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak sama
o        Pengurangan pecahan desimal, tiga pecahan desimal
o        Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal dan persen

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Pengurangan pecahan
o        Penjumlahan dan pengurangan pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara pengurangan :
-    pecahan dari bilanagan asli
-    pecahan berpenyebut tidak sama
-    pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak sama
-    pecahan desimal dan tiga desimal
o        Menjelaskan contoh dan cara menjumlahkan dan mengurangkan siatu pecahan

o        Menugaskan untuk menjawab menjawab latihan 19 s.d 31



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan








Mengerjakan tugas dari guru

100

  1. Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketujuh dan kedelapan / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengalikan pecahan
o        Mengalikan bialanagan bulat dengan pecahan desimal
o        Mengalikan dua pecahan desimal, tiga pecahan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Perkalian pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara perkalian pecahan untuk :
-    Mengalikan tiga pecahan berturut-turut
-    menalikan bilangan bulat dengan pecahan desimal

o        Menugaskan untuk menjawab menjawab
-    latihan 32 Hlm. 54
-    latihan 33 Hlm. 56
-    latihan 35 Hlm. 57
-    latihan 37 Hlm. 60
-     latihan 38 Hlm. 59
-     latihan 39 Hlm. 60
-     latihan 40 Hlm. 59
-     latihan 41, 42 Hlm. 65
-      


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o        Menugaskan pekerjaan rumah :
-          kreativitas Hlm.58
-          latihan 36 Hlm. 59
-          latihan 43 Hlm. 66
-          latihan 44, 45 Hlm. 67





Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengenal kebalikan pecahan
o        Membagi bilangan asli dengan pecahan biasa
o        Membagi bilangan asli dengan pecahan campuran
o        Membagi pecahan biasa dengan pecahan biasa
o          Membagi suatu pecahan dengan dua pecahan lain secara berurutan
o          Membagi pecahna desimal dengan bilangan bulat satu angka atau pecahan desimal
o          Membagi pecahan desimal dengan dua bilangan lain secara berurutan

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Pembagian pecahan
o        Pengerjaan Hitung Campuran Pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara pembagian pecahan untuk :
-    Pecahan asli dengan pecahan biasa
-    Bilangan asli dengan pecahan campuran
-    Pecahan campuran dengan pecahan campuran
-    Pecahan desimal denagn dua bilangan lain secara berurutan

o        Menjelaskan pengerjaan hitung campuran pecahan
o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 46 s.d 58 dan latihan penyaan Hlm 82



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala

  1. Indikator
o        Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o        Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o        Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o        Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala

  1. Materi Essensial
Perbandingan dan Skala
o        Menggunakan Perbandingan
o        Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
13.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
14.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara penggunaan perbandingan
o        Menugaskan mengerjakan:
-        latihan 1 dan 2 Hlm. 84
-        latihan 3 Hlm. 85

o        Menjelaskan perbandingan dalam satuan ukuran suhu dan menugaskan latihan 4 Hlm. 87
Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°):

o        Menjelaskan jarak sebenarnya pada denah berskala
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 s.d 10


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas latihan 1 s.d 3


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh mengerjakan tugas dari guru



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan latihan 5 s.d 10


100

15.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 90



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o        Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o        Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o        Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala

C.      Materi Essensial
Perbandingan dan Skala

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
4.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o         

Mencatat indikator



10

5.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 5 Hlm. 97



mengerjakan uji kompetensi bab 5


100

6.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mendengarkan motivasi


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.6   Membuat denah letak benda

  1. Indikator
o        Menggambar letak benda secara sederhana
o        Menanggapi cara menggambar letak benda

  1. Materi Essensial
Membuat Denah Letak Suatu Benda
o        Menggambar letak benda di sekitar (Hlm. 100)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        penggaris

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
16.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10

17.   Kegiatan Inti
o        Menggambarkan letak benda secara sederhana.

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 100



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan tugas dari guru

100

18.   Penutup
o        Menugaskan untuk menggambar letak benda di rumah masing-masing



Mengerjakan pekerjaan rumah


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.7   Mengenal koordinat posisi sebuah benda

  1. Indikator
o        Menentukan posisi benda atau tempat
o        Mengenal letak benda dengan posisi tertentu

  1. Materi Essensial
Mengenal Koordinat Posisi Sebuah Benda

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

19.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

20.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan kordinat posisi sebuah benda

o        Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 101 sesuai gambar Hlm. 101

o        Menugaskan mengerjakan latihan 2. Hlm. 102

o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 103 dan menugaskan menjawab latihan 3 dan 4



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



mengerjakan tugas dari guru


100

21.   Penutup
o        Memberikan motivasi untuk tekun, dan teliti dalam mengerjakan soal
o        Menugaskan untuk menjawab latihan 5 Hlm. 105



Mendengarkan motivasi dari guru

Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.8   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius

  1. Indikator
o        Menentukan letak titik pada system korrdinat
o        Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o        Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar

  1. Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat Cartesius (Hlm. 106)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

22.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

23.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menentukan letak tityik pada sistem koordinat pada contoh soal hlm. 106

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm 107

o        Menjelaskan bangun datar pada bidang koordinat cartesius

o        Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm 109, dan latihan 4 Hlm 110




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan 1

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan 3



150

24.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan atihan 2 Hlm 108, latihan 5 Hlm 111




Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius

B.      Indikator
o        Menentukan letak titik pada system korrdinat
o        Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o        Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar

C.      Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat Cartesius (Hlm. 106)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekerjaan rumah

o        Menugaskan untuk mengerjakan Uji kompetensi Bab 6 Hlm. 112



Mengumpulkan pekerjaan rumah


Mengerjakan uji kompetensi



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi dari guru


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
7.1   Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

  1. Indikator
o        Mengurutkan data dari yang terkecil sampai terbesar
o        Mengurutkan data dari yang terbesar sampai terkecil

  1. Materi Essensial
Mengurutkan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

25.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan

o        Memberikan pertanyaan mengurutkan angka dari yang terkecil dari untuk 1, 5, 4, 9, 2, 15, 7



Mencatat indikator


Menjawab 1, 2 , 4, 5, 7, 9, 15

5

26.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan materi berkenaan dengan mengurutkan angka

o        Mengerjakan latihan Latihan 1 Hlm. 115



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan latihan 1



50

27.   Penutup
o        Mendengarkan motivasi agar lebih rajin mengerjakan soal




5



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran

  1. Indikator
o        Menyajikan data ke betuk tabel
o        Menyajikan data ke betuk diagram

  1. Materi Essensial
Menyajikan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

28.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

29.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menyajikan data ke :
-    bentuk tabel
-    diagram gambar
-    diagram batang
-    diagram lingkaran
-    diagram garis
-    diagram batang daun

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 1, 2 dan 3 Hlm. 119



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan






mengerjakan tugas dari guru

100

30.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 5 dan 6  Hlm. 119



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data

  1. Indikator
o        Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data.
o        Menentukan nilai modus sekumpulan data.
o        Menentukan nilai median sekumpulan data.

  1. Materi Essensial
Menentukan Rata-Rata Hitung dan Modus Sekumpulan Data
o        Rata-Rata (Mean)
o        Modus
o        Median (Pengayaan)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
31.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
32.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pengertian dari rata-rata, modus dan median
o        Membahas contoh yang berkaitan rata-rata, modus dan median


o        Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 122 dan Latihan pengayaan Hlm. 123


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Memahami cara pengerjaan menjawab soal yang diterangkan oleh guru

Mengerjakn latihan 1 dan latihan pengayaan


100

33.   Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi guru


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.9   Menafsirkan hasil pengolahan data

  1. Indikator
o        Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o        Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain

  1. Materi Essensial
Menafsirkan hasil Pengolaan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

34.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

35.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menafsirkan hasil pengolaan data untuk :
-    tabel
-    diagram batang
-    diagram garis
-    diagram lingkaran

o        Menugaskan untuk mengerjakan
-    latihan 1 no 1 s.d 3 Hlm. 128
-    latihan 1 no 6 s.d 8 Hlm. 128
-    latihan 1 no 11 s.d 13 Hlm. 128



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mengerjakan latihan 1


150

36.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan :
-    latihan 1 no 4 dan 5 Hlm. 128
-    latihan 1 no 9 dan 10 Hlm. 128
-    latihan 1 no 14 dan 15 Hlm. 128



Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
7.4   Menafsirkan hasil pengolahan data

  1. Indikator
o        Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o        Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain

  1. Materi Essensial
o        Uji kompetensi bab 7

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
7.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

8.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji Kompetensi Bab 7 Hlm. 136
o        Latihan Soal Akhir Tahun Hlm. 143



mengerjakan ujin kompetensi dan latihan soal akhir tahun



100

9.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.6   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Indikator
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu dari soal cerita
o        Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu (Hlm. 17)
o        Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
37.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
38.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah  dari 15 ?
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o        Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21



50

39.   Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 19 dan 20 Hlm. 18


Mengerjakan pekerjaan rumah


5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(______________)
NIP : 130 602 788

Ruteng, 5 Januari 2009        
Guru Mata Pelajaran Matematika



(_____________)
NIP: 130 513 934









Share

Post a Comment