Makalah Pendidikan Matematika RPP


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

  1. Indikator
o        Menyederhanakan pecahan
o        Mengurutkan pecahan
o        Menentukan bilanagan diantar dua pecahan

  1. Materi Essensial
Pecahan
o        Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan   bentuk sederhana dari  = . . . %



Mencatat indikator

Menjawab

5

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah menyederhanakan suatu pecahan yaitu dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilanagan yang sama sampai tidak dapat dibagi lagi

o        Mencontohkan cara menyederhanakan contoh soal hlm. 2
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 4

o        Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 1 dan latihan 2






50

3.       Penutup
o        – Menugaskan pekerjaan rumah mencongak





5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kedua / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

  1. Indikator
o        Menyederhanakan pecahan
o        Mengurutkan pecahan
o        Menentukan bilanagan diantar dua pecahan

  1. Materi Essensial
Pecahan
o        Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan (Hlm. 2)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Memeriksa pekerjaan rumah
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator


5

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah dalam mengurutkan pecahan baik dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya

o        Menjelaskan cara mengerjakan contoh soal

o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 3, 4 dan 5

o        Menjelaskan cara menentukan bilangan di antara dua pecahan

o        Menygaskan mengerjakan latihan 6 dan 7 Hlm. 8




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan mengerjakan latihan latihan 3 dan latihan 4 serta latihan 5

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh menentukan bilanagan di antara dua pecahan  dan mengerjakan latihan latihan 6 dan latihan 7


50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.2   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal

  1. Indikator
o        Menentukan pecahan senilai
o        Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal

  1. Materi Essensial
Pecahan (Hlm. 2)
o        Mengubah pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai (Hlm. 9)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
4.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
5.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menentukan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

o        Menugaskan mengerjakan latihan 8.

o        Menjelaskan contoh dan menugaskan mengrjakan latihan 9 Hlm. 11, latihan 10 dan 11 Hlm. 12

o        Menjelaskan cara mengubah pecahan biasa menjadi desimal, yaitu dengan mengubah menjadi pecahan senilai dengan penyebut 10, 100, atau 1000

o        Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm. 17



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal dan mengerjakan latihan 9, 10 dan 11 latihan latihan 5 dan 6



Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh soal dan mengerjakan latihan 15





100
6.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 12 dan 13 Hlm. 13
o        Menugaskan mengerjakan latihan 16 dan 17 Hlm. 17


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.3   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Indikator
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu dari soal cerita
o        Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu (Hlm. 17)
o        Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
7.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
8.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah  dari 15 ?
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o        Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21



50

9.       Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 19 dan 20 Hlm. 18


Mengerjakan pekerjaan rumah


5



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

  1. Indikator
o        Menjumlahkan dua pecahan biasa
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o        Menjumlahkan dua pecahan campuran

  1. Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
10.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
11.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan menjumlahkan dua pecahan biasa dan menugaskan latihan 1 s.d 3
o        Menugaskan mengerjakan harta karun Hlm. 24

o        Menjelaskan cara menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran dan menugaskan latihan 5 dan 6 Hlm. 26 dan 27

o        Menjelaskan dua pecahan campuran dan tiga pecahan.

o        Menugaskan mengerjakan latihan 8 


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakn latihan 1 s.d 3

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 5 dan 6

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 8


100

12.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 23
o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 27
o        Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm. 30



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahan pecahan satu desimal, pecahan dua desimal dengan satu desimal, pecahan dua desimal
o        Menjumlahakan tiga pecahan desimal berturut-turut
o        Menjumlahakan pecahan biasa dengan pecahan desimal
o        Menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Menjumlahkan pecahan desimal

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menjumlahkan ;
-    pecahan satudesimal
-    pecahan dua desimal dengan satu desimal
-    pecahan dua desimal
-    tiga pecahan desimal berturut-turut
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal

o        Menugaskan untuk menjawab mengerjakan :
-    latihan 10 Hlm. 30
-    latihan 11 Hlm. 32
-    latihan 12 Hlm. 33
-     latihan 14 Hlm. 35
-     latihan 15 Hlm. 36
-     latihan 16 Hlm. 37
-   


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan





Mengerjakan tugas dari guru




100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o        Mengerjakan PR
-    latihan 13 Hlm. 13
-    latihan 17 Hlm. 38


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o        Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Mengurangi suatu pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak sama
o        Pengurangan pecahan desimal, tiga pecahan desimal
o        Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan desimal dan persen

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Pengurangan pecahan
o        Penjumlahan dan pengurangan pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara pengurangan :
-    pecahan dari bilanagan asli
-    pecahan berpenyebut tidak sama
-    pecahan dengan dua pecahan lain yang berpenyebut tidak sama
-    pecahan desimal dan tiga desimal
o        Menjelaskan contoh dan cara menjumlahkan dan mengurangkan siatu pecahan

o        Menugaskan untuk menjawab menjawab latihan 19 s.d 31



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan








Mengerjakan tugas dari guru

100

  1. Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketujuh dan kedelapan / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengalikan pecahan
o        Mengalikan bialanagan bulat dengan pecahan desimal
o        Mengalikan dua pecahan desimal, tiga pecahan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Perkalian pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara perkalian pecahan untuk :
-    Mengalikan tiga pecahan berturut-turut
-    menalikan bilangan bulat dengan pecahan desimal

o        Menugaskan untuk menjawab menjawab
-    latihan 32 Hlm. 54
-    latihan 33 Hlm. 56
-    latihan 35 Hlm. 57
-    latihan 37 Hlm. 60
-     latihan 38 Hlm. 59
-     latihan 39 Hlm. 60
-     latihan 40 Hlm. 59
-     latihan 41, 42 Hlm. 65
-      


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti
o        Menugaskan pekerjaan rumah :
-          kreativitas Hlm.58
-          latihan 36 Hlm. 59
-          latihan 43 Hlm. 66
-          latihan 44, 45 Hlm. 67





Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengenal kebalikan pecahan
o        Membagi bilangan asli dengan pecahan biasa
o        Membagi bilangan asli dengan pecahan campuran
o        Membagi pecahan biasa dengan pecahan biasa
o          Membagi suatu pecahan dengan dua pecahan lain secara berurutan
o          Membagi pecahna desimal dengan bilangan bulat satu angka atau pecahan desimal
o          Membagi pecahan desimal dengan dua bilangan lain secara berurutan

C.      Materi Essensial
Operasi hitung berbagai bentuk pecahan
o        Pembagian pecahan
o        Pengerjaan Hitung Campuran Pecahan

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh dan cara pembagian pecahan untuk :
-    Pecahan asli dengan pecahan biasa
-    Bilangan asli dengan pecahan campuran
-    Pecahan campuran dengan pecahan campuran
-    Pecahan desimal denagn dua bilangan lain secara berurutan

o        Menjelaskan pengerjaan hitung campuran pecahan
o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 46 s.d 58 dan latihan penyaan Hlm 82



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan tugas dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala

  1. Indikator
o        Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o        Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o        Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o        Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala

  1. Materi Essensial
Perbandingan dan Skala
o        Menggunakan Perbandingan
o        Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
13.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
14.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara penggunaan perbandingan
o        Menugaskan mengerjakan:
-        latihan 1 dan 2 Hlm. 84
-        latihan 3 Hlm. 85

o        Menjelaskan perbandingan dalam satuan ukuran suhu dan menugaskan latihan 4 Hlm. 87
Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°):

o        Menjelaskan jarak sebenarnya pada denah berskala
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 s.d 10


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan tugas latihan 1 s.d 3


Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh mengerjakan tugas dari guru



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan mengerjakan latihan 5 s.d 10


100

15.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 90



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Menggunakan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
o        Menggunakan perbandingan dalam satuan ukuran suhu
o        Menghitung jarak sebenarnya pada denah Berskala
o        Menghitung luas sebenarnya suatu daerah pada denah berskala

C.      Materi Essensial
Perbandingan dan Skala

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
4.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o         

Mencatat indikator



10

5.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 5 Hlm. 97



mengerjakan uji kompetensi bab 5


100

6.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mendengarkan motivasi


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.6   Membuat denah letak benda

  1. Indikator
o        Menggambar letak benda secara sederhana
o        Menanggapi cara menggambar letak benda

  1. Materi Essensial
Membuat Denah Letak Suatu Benda
o        Menggambar letak benda di sekitar (Hlm. 100)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        penggaris

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
16.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10

17.   Kegiatan Inti
o        Menggambarkan letak benda secara sederhana.

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 100



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan tugas dari guru

100

18.   Penutup
o        Menugaskan untuk menggambar letak benda di rumah masing-masing



Mengerjakan pekerjaan rumah


10



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.7   Mengenal koordinat posisi sebuah benda

  1. Indikator
o        Menentukan posisi benda atau tempat
o        Mengenal letak benda dengan posisi tertentu

  1. Materi Essensial
Mengenal Koordinat Posisi Sebuah Benda

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

19.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

20.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan kordinat posisi sebuah benda

o        Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 101 sesuai gambar Hlm. 101

o        Menugaskan mengerjakan latihan 2. Hlm. 102

o        Menjelaskan contoh soal Hlm. 103 dan menugaskan menjawab latihan 3 dan 4



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



mengerjakan tugas dari guru


100

21.   Penutup
o        Memberikan motivasi untuk tekun, dan teliti dalam mengerjakan soal
o        Menugaskan untuk menjawab latihan 5 Hlm. 105



Mendengarkan motivasi dari guru

Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.8   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius

  1. Indikator
o        Menentukan letak titik pada system korrdinat
o        Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o        Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar

  1. Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat Cartesius (Hlm. 106)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

22.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

23.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menentukan letak tityik pada sistem koordinat pada contoh soal hlm. 106

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 Hlm 107

o        Menjelaskan bangun datar pada bidang koordinat cartesius

o        Menugaskan mengerjakan latihan 3 Hlm 109, dan latihan 4 Hlm 110




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan 1

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan 3



150

24.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan atihan 2 Hlm 108, latihan 5 Hlm 111




Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sistem Koordinat
Pertemuan / waktu         : keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius

B.      Indikator
o        Menentukan letak titik pada system korrdinat
o        Menggambar bangun datar pada bidang kartesias
o        Menanggapi mengenai cara menggambar bangun datar

C.      Materi Essensial
Menentukan Posisi Titik dalam Sistem Koordinat Cartesius (Hlm. 106)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekerjaan rumah

o        Menugaskan untuk mengerjakan Uji kompetensi Bab 6 Hlm. 112



Mengumpulkan pekerjaan rumah


Mengerjakan uji kompetensi



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi dari guru


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
7.1   Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

  1. Indikator
o        Mengurutkan data dari yang terkecil sampai terbesar
o        Mengurutkan data dari yang terbesar sampai terkecil

  1. Materi Essensial
Mengurutkan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

25.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan

o        Memberikan pertanyaan mengurutkan angka dari yang terkecil dari untuk 1, 5, 4, 9, 2, 15, 7



Mencatat indikator


Menjawab 1, 2 , 4, 5, 7, 9, 15

5

26.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan materi berkenaan dengan mengurutkan angka

o        Mengerjakan latihan Latihan 1 Hlm. 115



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan latihan latihan 1



50

27.   Penutup
o        Mendengarkan motivasi agar lebih rajin mengerjakan soal




5



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.4   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran

  1. Indikator
o        Menyajikan data ke betuk tabel
o        Menyajikan data ke betuk diagram

  1. Materi Essensial
Menyajikan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

28.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



10

29.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menyajikan data ke :
-    bentuk tabel
-    diagram gambar
-    diagram batang
-    diagram lingkaran
-    diagram garis
-    diagram batang daun

o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 1, 2 dan 3 Hlm. 119



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan






mengerjakan tugas dari guru

100

30.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 no 5 dan 6  Hlm. 119



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.5   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data

  1. Indikator
o        Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data.
o        Menentukan nilai modus sekumpulan data.
o        Menentukan nilai median sekumpulan data.

  1. Materi Essensial
Menentukan Rata-Rata Hitung dan Modus Sekumpulan Data
o        Rata-Rata (Mean)
o        Modus
o        Median (Pengayaan)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
31.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
32.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pengertian dari rata-rata, modus dan median
o        Membahas contoh yang berkaitan rata-rata, modus dan median


o        Menugaskan mengerjakan Latihan 1 Hlm. 122 dan Latihan pengayaan Hlm. 123


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Memahami cara pengerjaan menjawab soal yang diterangkan oleh guru

Mengerjakn latihan 1 dan latihan pengayaan


100

33.   Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi guru


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.9   Menafsirkan hasil pengolahan data

  1. Indikator
o        Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o        Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain

  1. Materi Essensial
Menafsirkan hasil Pengolaan Data

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

34.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

35.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menafsirkan hasil pengolaan data untuk :
-    tabel
-    diagram batang
-    diagram garis
-    diagram lingkaran

o        Menugaskan untuk mengerjakan
-    latihan 1 no 1 s.d 3 Hlm. 128
-    latihan 1 no 6 s.d 8 Hlm. 128
-    latihan 1 no 11 s.d 13 Hlm. 128



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mengerjakan latihan 1


150

36.   Penutup
o        Menugaskan mengerjakan :
-    latihan 1 no 4 dan 5 Hlm. 128
-    latihan 1 no 9 dan 10 Hlm. 128
-    latihan 1 no 14 dan 15 Hlm. 128



Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pengolahan Data
Pertemuan / waktu         : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
7.4   Menafsirkan hasil pengolahan data

  1. Indikator
o        Menafsirkan pengolaan data dari tabel, diagram
o        Memberikan tanggapan hasil pengolaan data teman yang lain

  1. Materi Essensial
o        Uji kompetensi bab 7

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
7.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

8.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji Kompetensi Bab 7 Hlm. 136
o        Latihan Soal Akhir Tahun Hlm. 143



mengerjakan ujin kompetensi dan latihan soal akhir tahun



100

9.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Ruteng,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

  1. Kompetensi Dasar
5.6   Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Indikator
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu dari soal cerita
o        Tekun, teliti, dan cermat dalam menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu

  1. Materi Essensial
Operasi hitung Pecahan
o        Menentukan nilai pecahan suatu bilangan atau kuantitas tertentu (Hlm. 17)
o        Menyelesaikan soal cerita (Hlm. 19)

  1. Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
37.   Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
38.   Kegiatan Inti
o        Menjelaskan contoh soal dari
Berapakah  dari 15 ?
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18 Hlm. 18
o        Menjelaskan cara menhjawab soal cerita Hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm. 20


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 s.d 9
Mengerjakan latihan 18 dan 21



50

39.   Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 19 dan 20 Hlm. 18


Mengerjakan pekerjaan rumah


5


Mengetahui
Kepala Sekolah



(______________)
NIP : 130 602 788

Ruteng, 5 Januari 2009        
Guru Mata Pelajaran Matematika



(_____________)
NIP: 130 513 934









Reactions:

0 comments:

Post a Comment

TUTORIAL BLOG

Buka Semua | Tutup Semua

Followers