RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


            Mata Pelajaran                        : Matematika
            Pokok Bahasan                       : Logika Matematika
            Sub Pokok Bahasan                : Pernyataan Majemuk
            Kelas/Semester                       : X / 2
            Waktu                                     : 15 menit
            Jenis Ketrampilan                    : Menerangkan

I.          STANDAR KOMPETENSI
4.                 Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan berkuantor
II.       KOMPETENSI DASAR
4.1 Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
III.    INDIKATOR
1.      Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi
2.      Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk disjungsi
IV.    Tujuan Pembelajaran
a.   Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari pernyataaan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi
b.  Siswa dapat memahami pengertian dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi
c.       Karakter siswa yang diharapkan  : 
a.      Rasa ingin tahu,
b.      Mandiri,
c.       Kreatif,
d.      Kerja keras
e.       Demokratis.
V.       Materi Pembelajaran
v  Pengertian pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi
Konjungsi: pernyataan majemuk yang dibentuk dari dua pernyataan tunggal dengan menggunakan kata hubung “dan”.
Disjungsi: pernyataan majemuk yang dibentuk dari dua pernyataan tunggal dengan menggunakan kata hubung “atau” .
v  Nilai kebenaran p dan q ditentukan:
·         P dan q benar, jika p dan q benar
·         P dan q salah , jika salah satu p dan q salah atau jika p salah dan q salah
v  Nilai kebenaran p atau q ditentukan:
·         P atau q, jika salah satu p atau q benar atau p benar dan q benar
·         P atau q salah, jika p dan q salah
v  Tabel kebenaran konjungsi              
P
q

B
B
B
B
S
S
S
B
S
S
S
S

v  Tabel kebenaran disjungsi
P
q

B
B
B
B
S
B
S
B
B
S
S
S

VI.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas.
VII. Kegiatan Pembelajaran
Apersepsi           :  -  Mengingat kembali tentang pengertian pernyataan dan nilai kebenarannya.
                              -  Membahas PR.
            Motivasi    :  Banyak pernyataan sehari - hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk.

         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan cara menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA Kelas X Semester Genap, karangan Rosihan Ari Y. Indriayastuti, (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);   
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
b.   Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c.   Dalam kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
               1.   Pengidentifikasian pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk.
               2.   Pengidentifikasian kakteristik pernyataan majemuk berbentuk  konjungsi, disjungsi.
               3.   Perumusan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi. dengan tabel kebenaran.
               4.   Penentuan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, dan disjungsi,.
d.   Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f.    g.            Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 9, 10, dan 15 sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.)

VIII.       Media Pembelajaran
Alat                 : Papan tulis,laptop, spidol, dan LCD.
                           Sumber            : LKS Matematika SMA kelas X / 2 , Padil sasuwi .2004.fokus

IX.    Penilaian
Aspek yang dinilai      : Kognitif
Jenis tagihan                : Tugas individu
Bentuk soal                 : Uraian
Contoh soal


1.      Tentukan nilai kebenaran dari    untuk pernyataan berikut :

p : 6 adalah bilangan genap

q : 3 adalah bilangan genap
2.      Jika p: turunan pertama           
     q : adalah 6x
Nyatakan dalam pernyataan konjungsi !
3.      Buatlah 1 contoh soal  jika p benar maka q yang cocok agar konjungsi  benar !

4.      p : ardian anak yang cerdas
q : ardian anak yang jujur
Tulislah dengan kalimat verbal lambang-lambang berikut
     a.
         b.



               KUNCI JAWABAN :

1.      p: 6 bilangan genap    (B)
     q: 3 bilangan genap     (S)
Ø  Jadi untuk   : B                                (score : 5)
                                                                                                    
2.      turunan dari  = , dari pernyataan soal diatas untuk :
p =      (B)
q =             (B)      
                                                                        (score : 5)                                                                   
Ø  jadi diperoleh jika p benar dan q benar hasilnya benar


3.      contoh soal :

                        p=
                       
                        q= jumlah akar-akarnya positif
                       
jika p benar , p dan q ,maka q harus benar

                                    (score: 5)

Ø  Jadi p benar dan q benar , maka p ^ q benar
                                             



4.      p : ardian anak yang cerdas
     b : ardian anak yang jujur                                (score : 5)
Ø  Jadi  : ardian anak yang cerdas dan jujur
Ø  Jadi  : ardian anak yang cerdas atau rajin




Nilai = Jumlah score x 2
                        4



                                                                                                                          2012


Dosen pembimbing                                                     Praktikan,


            ( ______________________)                         ( MUHAMAD ROIP )

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

TUTORIAL BLOG

Buka Semua | Tutup Semua

Followers